Sosialisasi Teknis Pengiriman dan Display Produk ke Toko Jawa Timur Malaysia

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri (PPLN) menggelar kegiatan Sosialisasi Teknis Pengiriman dan Display Produk ke Toko Jawa Timur Malaysia, (6/4).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempromosikan produk Jawa Timur di pasar negara Malaysia serta mendorong peningkatan kinerja ekspor yang memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

Malaysia merupakan negara tujuan ekspor terbesar bagi Jawa Timur di Kawasan ASEAN. Oleh karena itu dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan kinerja ekspor berpotensi untuk terus ditingkatkan seiring dengan informasi dan peluang pasar dapat dieksplor seluas – luasnya.

Atase Perdagangan Kuala Lumpur bekerjasama dengan Usahawan Nusantara Sdn Bhd memfasilitasi para pelaku UKM/IKM Indonesia dengan menyediakan tempat bagi produk-produk unggulan Indonesia untuk dipasarkan di Malaysia. Di Strand Mall telah disiapkan Nusantara Fashion House yang diperuntukan bagi produk fashion dan aksesoris unggulan Indonesia.

Kemudian di area yang sama akan dibuat café yang membuka peluang bagi produk home décor, furniture, dan makanan minuman. Selain itu, di lantai 2 Strand Mall telah disiapkan 5 ruangan bagi produk-produk UKM/IKM unggulan Indonesia, salah satunya Toko Jawa Timur. Hal ini tentu menjadi peluang bagi para produk unggulan Jawa Timur untuk bisa memperluas pasar di Malaysia.

Sosialisasi pada hari ini merupakan lanjutan dari sosialisasi terkait Toko Jawa Timur yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2023. Pertemuan kali ini membahas terkait teknis pelaksanaan Toko Jawa Timur, baik pengiriman barang, proses pembayaran, display, dan hal-hal terkait lainnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut baik segala upaya, sinergi, dan kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai mitra strategis dalam rangka peningkatan kinerja ekspor melalui perluasan pemasaran. Sehingga diharapkan keberadaan Toko Jawa Timur dapat dimanfaatkan secara optimal. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur akan memfasilitasi dan memberikan dukungan bagi para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan pemasarannya di pasar negara Malaysia.