Sosialisasi Pemberdayaan Konsumen dalam rangka Memperingati Hari Konsumen Nasional Tahun 2023

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Perlindungan Konsumen Jember menggelar kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Konsumen dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2023.

Acara ini digelar dengan tema Mendorong Literasi dan Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan di Era Digital dan menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan edukasi masyarakat mengenai literasi dan perlindungan konsumen khususnya di sektor jasa keuangan di era digital yang terus berkembang saat ini.

Dalam hal perlindungan konsumen, regulator bersama pelaku industri diharapkan bisa melakukan edukasi kepada masyarakat secara intensif mengenai literasi keuangan digital serta produk-produknya sehingga masyarakat bisa melek digital.

Selain itu, dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat terutama untuk melindungi para konsumen, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur saat ini gencar melakukan sosialisasi terkait pentingnya upaya perlindungan konsumen yang telah diatur dalam UU no 8 tahun 1999 karena konsumen memiliki peranan yang penting dalam struktur perekonomian Jawa Timur.

Perlindungan konsumen khususnya di era digital menjadi penting karena saat ini masyarakat dapat melakukan transaksi perdagangan atau transaksi lainnya dengan menggunakan sektor digital. Untuk itu Pemprov Jatim akan membuka peluang sinergi dengan industri keuangan untuk melakukan perlindungan konsumen secara masif sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan konsisten.