Website Si Start, Strategi Disperindag Jatim Hadirkan Layanan Standardisasi Secara Digital


(Kota Surabaya) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif (UPT PMPI dan TK) Surabaya gencar melakukan program pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) agar berdaya saing global.

Upaya strategis tersebut diwujudkan melalui pengembangan website Sistem Informasi Standardisasi dan Start Up Kreatif (Si Start) yang telah di inisiasi sejak bulan Juni 2019. Program ini dijalankan dalam rangka melaksanakan Program Prioritas Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Timur yang tertuang pada Nawa Bhakti Satya yakni Jatim Kerja, Jatim Agro, dan Jatim Berdaya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan mengatakan bahwa inisiasi website Si Start bertujuan agar IKM lebih produktif dan mampu mengurangi biaya operasionalnya. Selain itu juga bisa mengembangkan bisnis lebih efektif dengan fokus pada peningkatan Standardisasi, Kekayaan Intelektual, Desain Produk Industri dan dapat memonitor aktifitas Start Up Kreatif di Jatim Information Technologi Creative (JITC).

“Si Start diharapkan mampu memperluas jangkauan pelayanan terhadap IKM sehingga sehingga semakin heterogen industri yang mendapatkan pelayanan standardisasi, kekayaan intelektual, dan desain produk industri serta JITC,” ungkap Drajat.

Website Si Start secara internal terintegrasi dengan website Geographical Industry Information System (GIIS) sedangkan untuk eksternal terintegrasi dengan lembaga/instansi seperti LS Pro, LSMM, Kemenkumham RI, BPJPH, BSN.

Drajat menjelaskan bahwa implementasi Si Start dilakukan bersamaan dengan terjadinya pandemi Covid-19, sehingga pelayanan pada pelaku industri dapat dilaksanakan secara online meskipun diterapkan ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

“Dengan pelayanan online dapat dipastikan implementasi protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik. Implementasi digitalisasi dapat mengatur proses kerja maupun SDM (ASN/IKM/Start Up). Sehingga bisa tetap produktif di tengah pandemi Covid-19 dalam rangka melaksanakan amanah Gubernur Jawa Timur yaitu “JATIM BANGKIT”,” ujar Drajat.

Untuk melakukan pelayanan melalui website Si Start, IKM dapat mengajukan permohonan fasilitasi secara online dengan terlebih dahulu melakukan proses pendaftaran pada alamat website https://sistart.disperindag.jatimprov.go.id/.