Peroleh Sambutan Positif, Gerai BBI 360 Jadi Inovasi Jatim Dorong Perluasan Pemasaran Produk IKM

(Kota Surabaya) – Gerai BBI 360 yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Kini Gerai BBI 360 telah diakses secara virtual oleh ribuan pengunjung dan telah mencatatkan nilai transaksi senilai jutaan rupiah.

Gerai BBI 360 ini sejalan dengan semangat Ibu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dan bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk IKM/UKM lokal.

“Gerai BBI 360 merupakan manifest tempat gelaran produk IKM/UKM Jawa Timur untuk mempromosikan dan menjual produknya ke masyarakat dan dilaksanakan secara hybrid dengan menampilkan Produk Unggulan Jawa Timur yang disajikan secara tematik dan bergantian per bulannya (Produk Unggulan di 38 Kab/Kota di Jawa Timur),” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan.

Pembentukan layanan tersebut tidak terlepas dari upaya Jawa Timur dalam mengambil peluang masa pandemi Covid-19 untuk mengembangkan inovasi berbasis teknologi serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pelaku usaha yang mengikuti program ini mendapatkan sejumlah layanan fasilitas diantaranya adalah promosi usaha dan produk yang ditampilkan secara hybrid (masa display di store ± 1 bulan) dan bertransaksi secara aman, mendapat peluang untuk memperoleh permintaan (inquiry) dari perwakilan perdagangan di dalam negeri dan luar negeri, mendapat informasi secara umum dan laporan hasil penjualan.

“Gerai BBI 360 ini bisa diakses secara luring bertempat di Kantor Dinas Perindag Jatim, sedangkan untuk virtual reality 360 bisa diakses melalui website http://disperindag.jatimprov.go.id/bbi360 yang mensimulasi secara visual suasana lingkungan yang ada dan memberikan informasi detail produk serta tranksaksi melalui marketplace,” jelas Drajat.

Melalui Program Gerai Bangga Buatan Indonesia diharapkan masyarakat makin cinta dan bangga serta sekaligus mau menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk buatan Indonesia, serta meningkatkan akses jaringan pasar dan meningkatkan kualitas daya saing produk UKM dan IKM di Jawa Timur.