Kegiatan Pendampingan Market Development Export Coaching Program (ECP) Jawa Timur

Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri (PPLN) kembali menggelar kegiatan Pendampingan Market Development dalam rangka pelaksanaan Export Coaching Program Tahun 2023 di Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kinerja ekspor non migas Jawa Timur melalui pendampingan secara intensif kepada pelaku usaha khususnya IKM/UKM dan berlangsung selama 3 (tiga) hari terhitung sejak tanggal 20 sampai 22 Juni 2023 di Surabaya.

Acara ini turut dihadiri oleh Bapak Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan Kementerian Perdagangan RI, Sugih Rahmansyah, Para Praktisi dan Coach Pendampingan Ekspor; serta Pelaku Usaha peserta Export Coaching Program (ECP).

Program ini telah berlangsung sebanyak 3 (tiga) tahap sejak awal tahun 2023 yakni tahap pertama webinar seleksi Export Coaching Program pada tanggal 7 februari 2023, tahap kedua Workshop dan Verifikasi Perusahaan pada tanggal 21 Februari 2023, dan Tahap ketiga Training of Exporters pada tanggal 9-11 Mei 2023 yang merupakan tahap pendampingan peserta untuk persiapan ekspor.

Selanjutnya, kegiatan yang diselenggarakan saat ini merupakan tahap keempat dari kegiatan Export Coaching Program 2023 yang akan secara langsung mempertemukan peserta dengan calon buyer di luar negeri bekerjasama dengan perwakilan perdagangan diluar negeri.

Pendampingan yang dilakukan oleh Pemerintah ini diharapkan dapat meminimalisir permasalahan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha (utamanya IKM/UKM) karena keterbatasan akses terhadap pasar global. Pendampingan secara efektif dan efisien yang berlangsung secara berkesinambungan diharapkan akan meningkatkan kualitas pelaku usaha untuk menyediakan produk yang berdaya saing tinggi di pasar internasional dan meningkatkan kapasitas ekspornya.

Semoga kegiatan “Pendampingan Market Development Export Coaching Program (ECP) Jawa Timur” ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha Jawa Timur untuk bersama-sama mendorong optimalisasi kinerja perdagangan luar negeri Jawa Timur.