Seminar Isu-isu Strategis Sektor Industri dan Perdagangan

 

 

Data pertumbuhan industri pengolahan pada TW III-2017 menunjukkan angka 4,82 masih di bawah angka pertumbuhan ekonomi di Jatim sebesar 5,21. Pertumbuhan sub sektor industri mengalami penurunan sebesar  -0,66% pada triwulan III tahun 2017. Menurut Dwi Budi Santosa SE., MS,. Ph.D, Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya, penurunan angka tersebut dikhawatirkan menimbulkan deindustrialisasi di Jatim. “Tidak selama deindustrialisasi berdampak negatif, Pergeseran tenaga kerja sektor industri yang bergeser ke sektor jasa ternyata bisa menumbuhkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” jelasnya dalam Seminar isu-isu strategis di sektor perindustrian dan perdagangan. Acara yang diadakan di Hotel Harris, Malang pada tanggal 23-24 November 2017 dengan menghadirkan 5 pembicara yang terdiri dari 4 orang penyaji dan 1 orang narasumber, sebagai berikut :

  1. Kepala Dinas Perindag Prov. Jatim : Bpk. Dr. Ir. Moch. Ardi P. M.Eng. Sc., ME
  2. Kepala Bidang Perekonomian, Bappeda Prov. Jatim : Bpk. Arif Tri H.
  3. Kepala Bidang Industri Non Agro, Dinas Perindag Prov. Jatim : M. Munif, MM.
  4. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindag Prov. Jatim : Ir. Syaiful Jasan

Pembicara mengkhawatirkan terjadinya de-industrialisasi (sunset industry) di tahun mendatang sehingga akan mempengaruhi barang yang diperdagangkan baik ekspor maupun impor.

Data pertumbuhan industri pengolahan pada TW III-2017 menunjukkan angka 4,82 masih di bawah angka pertumbuhan ekonomi di Jatim sebesar 5,21. Sedangkan pada sektor perdagangan menunjukkan angka 6,43 masih di atas angka nasional yang sebesar 4,78. Target pertumbuhan industrian harus lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi pada tahun mendatang. Sehingga perlu sinergitas antar sektor & wilayah dalam pembangunan industri dan perdagangan.

 

Pada kesempatan ini juga mendiskusikan tentang program kegiatan/prioritas, target, strategi serta sinergitas Pemerintah Daerah (Kab./Kota) di Provinsi Jawa Timur pada sektor perindustrian dan perdagangan di tahun mendatang.

Selengkapnya materi dapat di download pada menu download atau link berikut isu strategis @hotel Harris 23-24 Nop. 2017

 


Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Sangat Bagus: 0%
Bagus: 0%
Biasa Saja: 0%
Kurang Bagus: 0%