Seminar Isu-Isu Strategis sektor Industri dan Perdagangan Tahun 2018

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan “Seminar Isu- Isu Strategis Sektor Industri dan Perdagangan” yang diadakan pada tanggal 29-30 Oktober 2018 di Hotel Aria Gayana, Kota Malang. Seminar ini mengusung tema “Mendorong Kemandirian Industri Jawa Timur dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0”.

Seminar isu-isu strategis sektor industri dan perdagangan bertujuan untuk membahas mengenai isu-isu strategis dan permasalahan yang berkembang di sektor industri dan perdagangan, sinergitas antar sektor dan strategi dalam menghadapi peluang dan tantangan yang mempengaruhi pertumbuhan sektor perdagangan dan perindustrian di Jawa Timur.

Seminar dibuka oleh Dr. Ir.  DRAJAT  IRAWAN, SE. MT selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, yang dalam sambutannya menyampaikan paparan tentang “Strategi Pengembangan Industri dan Perdagangan di Jawa Timur dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menerapkan industri 4.0 di Jawa Timur melakukan strategi-strategi yaitu menjadikan Provinsi Mitra sebagai supplier barang subtitusi impor, pembangunan infrastruktur yang terpadu dengan Kawasan Industri, pengembangan IKM pada teknologi Digital, pembinaan IKM paripurna, penguatan infrastruktur digital Jawa Timur, pendidikan vokasional yang memenuhi kebutahan Industri.

Sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Wijayadi SE, Kasubdit Produk Transportasi, Telematika dan Elektronika, Direktorat Pengamanan Perdagangan, Ditjen Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan  yang memberikan materi tentang “Perang  Dagang Amerika Serikat – China dan Peluang Indonesia”, kemudian pemateri dari Kementerian Perindustrian adalah Ir. Ahmad Robbiyan. MSi, Kasubag Perencanaan Dukungan Investasi Industri, Biro Perencanaan, yang menyampaikan materi “Penguatan Industri Antara sebagai Substitusi Impor”. Pada hari kedua dihadirkan pemateri dari Akademisi yaitu Dr.Eng.Erwin Widodo,ST.M.Eng.IPM, kepala Prodi Pasca Sarjana Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dengan paparan tentang “E-Raw Material sebagai Strategi Substitusi Impor di Jawa Timur".

Seminar diikuti oleh OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Biro Perekonomian, Bappeda, DPMPTSP, Dinas ESDM, Disnaker, DLH, Diskominfo, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan, dan BPS), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab/Kota se-Jawa Timur, Asosiasi-asosiasi (GPEI, KADIN, GINSI, HIMKI, API, APRISINDO, APINDO) serta Bidang/ UPT di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. (WR)

Materi dapat di download disini


Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Sangat Bagus: 100%
Bagus: 0%
Biasa Saja: 0%
Kurang Bagus: 0%