MEMANFAATKAN KECERDASAN BUATAN ( ArtificiaI Intelligence ) BAGI IKM JAWA TIMUR

Pelaku usaha saat ini dituntut untuk bekerja dengan cepat dan efisien. Pemanfaatan teknologi saat ini banyak dikembangkan untuk membantu proses produksi dan pemasaran. Penggunaan digital marketing yang saat ini sedang banyak digunakan sebenarnya hanya sebagian kecil dari kemajuan tekonologi dalam berbisnis. Saat ini teknologi yang sedang booming dan digandrungi oleh pelaku bisnis adalah kemajuan dan kemudahan dari penggunaan kecerdasan buatan ( artificial intelligence/AI )

Kecerdasan buatan saat ini mampu melakukan berbagai pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan waktu cukup lama menjadi pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat dan sudah seharusnya IKM Jawa Timur dapat mengikuti dan memanfaatkan teknologi ini.

Peran generasi muda juga sangat penting dalam mendorong penerapan kecerdasan buatan dalam berbisnis, mengingat saat ini penyedia layanan kecerdasan buatan dapat diakses secara terbuka melalui internet dan dapat dipelajari secara online. Dengan demikian IKM dapat memanfaatkan AI untuk membantu proses branding dan pemasaran.

Meskipun untuk IKM kecerdasan buatan /AI belum dapat merambah produksi terutama untuk IKM kerajinan tangan yang proses produksinya mengandalkan kerajinan tangan dalam proses produksinya, namun IKM harus siap menghadapi tantangan di masa mendatang. Caranya adalah dengan memanfaatkan AI dalam ranah bisnis yang saat ini memungkinkan untuk di terapkan.

Contoh yang paling mudah dan dirasakan oleh IKM adalah misalnya dalam pembuatan logo, dahulu memerlukan waktu yang lama serta memerlukan tenaga ahli dalam pengerjaannya. Namun saat ini dengan banuan kecerdasan buatan, pelaku bisnis dapat dengan mudah mendapatkan alternative desain logo menggunakan layanan penyedia desain seperti wix.com dan  logomaster.ai. Kita cukup memberikan definisi logo yang ingin kita buat seperti jenis bisnis yang kita miliki, preferensi selera desain hingga nama dan tagline bisnis yang kita miliki. Maka penyedia layanan desain logo akan menghasilkan banyak alternative desain logo berbasis dengan informasi yang kota berikan dalam waktu hitungan detik dan tentunya logo tersebut didesain dengan teknologi AI. Kita akan diberikan puluhan alternative logo, selain itu juga dapat melakukan modifikasi dan penyesuaian logo yang dihasilkan agar sesuai dengan kebutuhan logo yang kita inginkan.

 

Manfaat yang diperoleh

Kecerdasan buatan saat ini juga meranbah pada aspek pembuatan narasi maupun tulisan. Yang terakhir sedang ramai masyarakat yang menggunakan platform Chat GPT untuk membuat berbagai tulisan yang beragam mulai dari menjawab pertanyaan ringan hingga menyusun esai. Penggunaan AI pada aspk penulisan mampu membantu pelaku bisnis untuk belajar dan mempersingkat waktu saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan. Pengguna AI cukup menuliskan perintah dalam bahasa Indonesia tentang teks yang akan dibuat. Misalnya kita akan membuat sebuah teks narasi tentang keunggulan produk, cukup menuliskan perintah ‘ buatlah narasi tentang promosi produk mie sehat “. Chat GPT akan membuat naskah tersebut dalam hitungan detik. Namun demikian hasil pekerjaan dari Chat GPT juga perlu diolah kembali agar sesuai dengan kebutuhan dan konteks yang diinginkan penggunanya. Kini semakin banyak  penyedia layanan penulisan berbasis kecerdasan buatan selain Chat GPT seperti melalui website copy.ai

Saat ini pelaku bisnis juga dapat membuat sebuah video narasi yang disertai voice over materi audio tertentu hanya dengan membuat naskah dan akan dihasilkan suara. Cara kerjanya adalah cukup dengan mengunggah naskah atau teks yang akan dibacakan maka AI akan menghasilkan suara yang sesuai dengan teks tersebut.

Dalam membuat desain maupun materi grafis, pelaku bisnis juga dimudahkan dengan beberapa platform yang mampu menghasilkan gambar atau desain tertentu. Sebagai contoh kita menuliskan perintah deskripsi berupa gambar berupa “ilustrasi snack keripik dengan gaya desain komik:, maka platform tersebut akan menghasilkan beberapa alternative dalam hitungan beberapa menit.

Materi promosi yang sudah dibuat juga dapat dimaksimalkan dengan tools marketing berupa customized ads, yang saat ini telah disediakan oleh para penyedia lapangan iklan seperti instagram, facebook, serta platform lainnya. Para pemilik bisnis dapat menentukan klasifikasi user, mulai dari ketertarikan, usia, domisili, hingga jenis kelamin, sehingga materi promosi yang sudah dibuat dapat menjangkau pengguna internet yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan.

 

Efisiensi

Tidak hanya melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan materi promosi berbentuk gambar maupun video, AI juga dapat melakukan berbagai pekerjaan lainnya seperti mengolah dan memvisualisasikan data. Salah satu platform AI, Tableau merupakan software yang mampu memvisualisasikan data atas suatu unit usaha atau perusahaan dan mampu membuat perkiraan bagaimana perusahaan akan berkembang.

  

Tableau juga mampu membentuk strategi bisnis dan promosi marketing yang sesuai rencana bisnis serta tepat sasaran. Meskipun demikian banyak penyedia jasa layanan AI yang masih memberikan layanan yang berbayar, sehingga sering kali beberapa fitur dibatasi bila skema penggunaan yang digunakan adalah skema gratis.

Penggunaan AI tentunya di masa depan akan semakin meluas dan dapat melakukan pekerjaan dengan lebih efisien. Bukan tidak mungkin nantinya penggunaan AI akan merambah pada aspek yang lebih luas seperti tahap produksi, penyusunan konsep produk maupun tahap tahap lainnya. Meskipun memiliki banyak manfaat namun penggunaan AI juga mulai banyak di salahgunakan sebagai alat untuk melakukan penipuan, manipulasi serta tindakan kriminal lainnya.

Dengan kondisi seperti itu sangat penting bagi para pelaku IKM untuk bersiap menerapkan berbagai teknologi kecerdasan buatan tersebut. Tujuannya agar dapat berkompetisi dengan pelaku bisnis local maupun global. Pelaku IKM tentunya tidak hanya dituntut untuk bekerja keras namun bekerja cerdas sehingga usaha yang minimal dapat menghasilkan output yang maksimal.