Batik Tulis Khas Surabaya "Pakis Kencana"


Sentra Batik berawal dari  anggota komunitas Batik Jawa Timur yang menjadi penggerak kelompok batik di Dukuh Kupang, terbentuk suatu usaha yang disebut sentra batik tulis. Awalnya komunitas ini memberikan sebuah pelatihan biasa kepada Ibu-ibu setempat dikawasan Dukuh Kupang. Karena iseng mempromosikan produk mereka, maka dibentuklah suatu sentra dengan Batik Tulis. Tanpa disadari ternyata Batik Tulis sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat, sehingga omset untuk bisnis tersebut semakin lama semakin bertambah.
 
Ibu Suparti sebagai pemrakarsa batiktulis di daerah Dukuh Kupang. Usaha keras, ketekunan dan kemauan untuk belajar terbukti menjadi senjata ampuh bagi Ibu Suparti. Beliau memulai usaha batik ini berbekal ilmu dan pengetahuan dari pelatihan-pelatihan yang diikuti. Ibu suparti merupakan"hasil" dari program pemberdayaanyang berhasil, Dari masyarakat yang relatif "kurang" menjadi masyarakat yang berdaya dan mandiri. Usaha batik tulis pakis kencana merupakan UKM penghasil batik tulis yang  menghasilkan lembaran batik tulis elok nan memukau.
 
Peran Disperdagin Kota Surabaya terhadap perkembangan usaha batik tulis diantaranya adalah, Pelatiahn Batik Tulis, Pelatihan Pewarnaan Batik, Sosialisasi Merek dan Batik Mark, Pembukuan sederhana dan kewirausahaan hingga pemasaran produk batik  dengan mengikuti  even-even yang diselenggarakan Pemkot Surabaya, Pemerintah Provinsi maupun Kementrian Perindustrian. (andi)
 

Ibu Suparti
Telp. 031 772 700 45
Jl. Dukuh Kupang Gg Lebar 92 D (Gang Mangga)
Kec. Dukuh Kupang
Surabaya – Jawa Timur
 
 
 




Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Sangat Bagus: 0%
Bagus: 0%
Biasa Saja: 0%
Kurang Bagus: 0%