Tingkatkan Kinerja Perdagangan Luar Negeri, Pemprov Jatim Gelar MDLN dengan Timor Leste

Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah sukses menggelar kegiatan Misi Dagang dan Investasi Luar Negeri dengan negara Timor Leste.

Misi Dagang merupakan upaya untuk mempertemukan pelaku usaha Jawa Timur dengan calon buyer dari Timor Leste sebagai sarana promosi produk unggulan Jawa Timur serta diharapkan dapat terjadi kontrak dagang antar keduanya.

Kegiatan Misi Dagang dan Investasi dilaksanakan dengan tema “Meningkatkan Jejaring Konektivitas antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Timor Leste”, dengan mempertemukan Pelaku Usaha Jawa Timur dengan Pelaku Usaha Timor Leste untuk memfasilitasi upaya peningkatan nilai transaksi perdagangan melalui kesepakatan bisnis.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 pelaku usaha asal Provinsi Jawa Timur dan 150 pelaki usaha dari Timor Leste

Misi Dagang dan Investasi antara Provinsi Jawa Timur dengan Timor Leste diharapkan mampu memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan hubungan perdagangan serta mampu memberikan manfaat terutama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pelaksanaan Kegiatan Misi Dagang Luar Negeri Provinsi Jawa Timur merupakan upaya fasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mempertemukan para pelaku usaha dari Jawa Timur dan Negara Mitra dalam menyebarluaskan potensi produk industri, perdagangan, dan peluang investasi lainnya secara terintegrasi.

Jawa Timur memilki historis perdagangan dengan Timor Leste yang cukup baik. Neraca perdagangan Provinsi Jawa Timur dengan Timor Leste selama kurun waktu 2018 – 2022 selalu menunjukkan surplus bagi Jawa Timur. Selain itu Jawa Timur merupakan mitra dagang utama bagi Timor Leste. Hal ini dapat dilihat dari proporsi Jawa Timur sebesar 79 persen jika dibandingkan dengan ekspor non migas provinsi lain ke Timor Leste.

Untuk itu, melalui gelar Misi Dagang dan Investasi kali ini diharapkan hubungan dagang antara Jawa Timur dengan Timor Leste semakin meningkat, diharapkan pula semakin banyak produk unggulan Jawa Timur yang bisa masuk ke pasar Timor Leste.