Pemprov Jatim Apresiasi Peluncuran Kit PCR untuk Uji Halal yang dibuat oleh Tim Riset UB

Bapak Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Iwan hadir mewakili Ibu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada kegiatan Seminar "1st Asia Halal Summit 2023" dan Peluncuran Kit PCR untuk Uji Halal yang dibuat oleh Tim Riset Universitas Brawijaya, (23/5).

Kegiatan ini merupakan kerja sama dari berbagai kalangan sektor serta akademisi dalam mendorong Jawa Timur sebagai pusat industri halal di Indonesia.

Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat masif untuk mendorong percepatan sertifikasi halal sesuai yang tercantum dalam Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal menegaskan bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

Sementara itu, untuk melakukan pengujian halal pada suatu produk dibutuhkan proses halal test. Halal testing tersebut bertujuan untuk mendeteksi ada tidaknya kontaminasi dari bahan-bahan yang bersifat non-halal.

Oleh sebab itu, peluncuran Kit PCR yang merupakan hasil kreasi oleh tim riset Universitas Brawijaya pada hari ini akan sangat membantu dalam menguji kehalalan suatu produk yang secara tidak langsung juga berkontribusi terhadap pengembangan industri halal di Jawa Timur.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi kepada Universitas Brawijaya yang telah memberikan dukungan nyata terhadap Pengembangan Industri Halal di Jawa Timur melalui peluncuran Kit PCR untuk alat uji halal.

Semoga kedepannya berbagai kalangan sektor maupun akademisi bisa bersinergi bersama dalam mendorong Jawa Timur menjadi pusat halal di Indonesia.