Dorong Pengembangan Sektor IKM, Disperindag Jatim Gelar Forum Komunikasi Pengembangan IKM Jatim

Dalam rangka mendorong pengembangan sektor IKM di dalam daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar kegiatan Forum Komunikasi Pengembangan IKM di Jawa Timur selama dua hari di Surabaya.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Plt. Sekertaris Dinas Perindag Jatim, Yudi Ariyanto yang hadir mewakili Bapak Kepala Dinas Perindag Jatim, Iwan. Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perindustrian RI, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, OPD lingkup Pemprov Jatim, KADIN Jawa Timur, Universitas di Surabaya, dan Pembina dan Penyuluh Industri dari Kabupaten/Kota Se Jawa Timur.

Kegiatan ini digelar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri yang mana disampaikan bahwa, sentra IKM merupakan sekelompok IKM dalam satu lokasi atau tempat yang terdiri atas paling sedikit lima unit usaha yang menghasilkan produk sejenis, menggunakan bahan baku sejenis dan/atau melakukan proses produksi yang sama.

Oleh karena itu melalui pembangunan dan pengembangan sentra IKM, diharapkan pembinaan, pemberdayaan dan peningkatan kemampuan IKM dapat dilakukan secara lebih efektif, efisien dan optimal.

Acara ini diselenggarakan sebagai sarana untuk melakukan koordinasi dan sinergitas program antara pemerintah pusat dan daerah, memperoleh data dan informasi mengenai permasalahan, peluang dan tantangan IKM di Jawa Timur, mengidentifikasi sentra IKM yang berdaya saing di Jawa Timur, dan mendorong akselerasi pengembangan sentra IKM di Jawa Timur.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi ajang koordinasi dan sinergitas program antara pemerintah pusat dan daerah, serta menghasilkan rekomendasi/bahan masukan bagi perumusan kebijakan pengembangan sentra IKM di Jawa Timur.