Raih Empat Gelar Kontes Gitar Internasional Hebat, Gitar Produk Sidoarjo Diakui Dunia

LENSAINDONESI.COM: Bagi penggemar Gitar, apalagi pemula, Gitar merk Rick Hanes mungkin belum banyak dikenal. Namun bagi mereka yang sering mengikuti perkembangan Gitar, merk baru ini begitu fenomenal.

Bagaimana tidak, Gitar produk asli Sidoarjo, Jawa Timur itu mampu berbicara di tingkat internasional, bahkan mampu merebut empat gelar sekaligus dalam kontes Guitar Of The Years 2012 di Inggris beberapa waktu lalu.

Gitar merk Rick Hanes tersebut dikerjakan di pabriknya, di kawasan industri Tambak Sawah nomor 5 Kecamatan Waru, Sidoarjo. Disini pula 60 karyawan mengerjakan tiap bagian-bagian Gitar dengan sangat teliti. Mulai dari pembuatan body, pembuatan leher Gitar, pemasangan Fred, hingga pengecatan.

Tak cukup hanya dengan pengejaan manual, pembuatan gitar tersebut juga menggunakan dua buah mesin dari Jerman. Di kawasan Asia, mesin ini hanya terdapat di Jepang dan di Indonesia (Tambak Sawah, Sidoarjo).

Yang membuat Gitar ini menjadi produk berkualitas adalah ditanamkannya Carbon Graphite pada Neck Gitar. Jenis Carbon ini merupakan bahan pembuat body pesawat ulang alik (Pesawat Nasa) yang terkenal kuat namun lentur dan ringan. Bahkan kayu Mample yang digunakan pada Neck dan body juga bahan import.

Bagi Endorse atau salah satu pemilik pabrik Gitar Rick Hanes, Doddy Hernanto yang akrab dipanggila Mr. D, juga memproduksi Gitar merk Rock Stone yang dipasarkan khusus di Indonesia.

Ada 4 indikasi hingga gitar rock Hanes menjadi juara dunia, antara lain, play-abality atau kemudahan dimainkan, Soud Aesthetic atau kemerduan suara, estetika serta kekeuatannya. Bahkan gitar produk dalam negeri ini tak mengalami kerusakan saat dibanting maupun diinjak.

Salah satu produk Gitar Rick Hanes juga mampu diintregasikan secara langsung dengan produk Gadget semacam I-POD maupun I-Phone.

Mr. D mengusung produk gitarnya berbeda dengan pakem bermain Gitar pada umumnya, yakni menggunakan satu Jari.

Sejak kemenangan Rick Hanes di luar negeri, penggemar Gitar di tanah air pun mulai melirik Gitar tersebut. Meski harganya masih di kisaran Rp 8 juta hingga 15 juta, mereka tetap membelinya.

“Kami ini penggemar Gitar, meskipun harganya agak mahal ya kami tetap suka dan membelinya.”ujar Saldi, pemain dan penggemar Gitar.

Selain menjuarai kontes gitar, produk Rick Hanes ini sudah dipakai beberapa gitaris terkenal, antara lain, I Wayan Balawan, Taras Bistara, Aji Broken Bone, Donny Suhendera, Irul Five Minute dan lain-lain.

Bahkan Buddy Blaze yang juga perancang gitar milik Jimmy Page, pentolan Led Zeppelin saat berkunjung ke pabrik Rick Hanes serta memuji Gitar produk anak negeri ini.

Kedepan, Mr. D berupaya memadukan musik dari produk Gitar yang telah diakui dunia ini dengan berbagai kesenian dan budaya lokal Indonesia.

Bapak Empat putra ini juga berharap kesenian lokal yang selama ini terpuruk, bisa bangkit dan lebih dikenal, terutama di kalangan pemuda.@jani @sukombes




Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Sangat Bagus: 0%
Bagus: 100%
Biasa Saja: 0%
Kurang Bagus: 0%