Provinsi Jawa Timur Terpilih sebagai Tuan Rumah Harkonas 2020

rovinsi Jawa Timur terpilih sebagai tuan rumah Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020. Logo dan maskot Harkonas 2020 resmi diperkenalkan, Jumat (31/1/2020) pagi di Gedung Bhinaloka Adikara Kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim), Surabaya, Jawa Timur. Berikut alasan mengapa wilayah yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa itu yang dipilih.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang langsung memperkenalkan logo dan maskot itu didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, mengungkapkan, latar belakang pemilihan Jatim sebagai tuan rumah Harkonas 2020, provinsi itu daerah terbaik yang peduli dengan perlindungan konsumen. Mendag berharap agar kepedulian Jatim kepada perlindungan konsumen menjadi panutan wilayah lain.

“Sudah dua kali Jatim menjadi daerah terbaik yang peduli konsumen. Sektor perdagangan Jawa Timur yang besar sangat berkontribusi pada sektor perdagangan nasional,” kata Mendag Agus Suparmanto.

Harkonas kali ini merupakan peringatan kedelapan yang rencananya digelar di Jawa Timur, di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, 29-30 Maret 2020. Tema pada gelaran tahun 2020 adalah Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju.

Wagub Jatim Emil Dardak berharap agar sektor perdagangan yang sangat menyumbang perekonomian Jatim bisa terus menjadi penguat ekonomi di wilayahnya. Semua konsumen, kata dia, baik yang bertransaksi secara online atau offline akan mendapat perlindungan yang sama.

Menurut Emil, konsumen pun penting untuk mendapat edukasi terkait harga dan kualitas barang, serta agar menjadi konsumen cerdas yang tidak mudah ditipu oknum pedagang nakal. “Edukasi ini yang kemudian kami perlu terobosan dan ide-ide segar di ajang Harkonas 2020.”

Peringatan Harkonas tahun ini adalah kerja sama Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga Kementerian Perdagangan RI dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional.

Maskot Harkonas 2020 yang diperkenalkan di Surabaya itu, adalah Cak Enda, seekor lumba-lumba sebagai hewan cerdas dan sering membantu manusia. Enda merupakan kepanjangan Konsumen Berdaya yang bermakna peringatan Harkonas 2020 mampu membuat konsumen Indonesia makin cerdas dan berdaya.

Logo yang diperkenalkan berbentuk perisai dan tangan manusia yang diangkat sambil mengepal. Perisai melambangkan komitmen pemerintah untuk melindungi konsumen. Sementara itu, tangan mengepal memiliki makna konsumen sudah saatnya berdaya dan memiliki kemampuan memutuskan sesuatu atau bertindak.

 

sumber: emitennews.com