MOST WANTED CRAFT IN INDONESIA

 CENDERAMATA KERAMIK - KOTA MALANG

 

Sentra Keramik Dinoyo Malang, sudah eksis sejak 1957. Awalnya lingkungan persawahan ini terbentuk sebagai sentra Gerabah dan memproduksi perlengkapan rumah tangga. Melihat perkembangan keramik Cina, pengrajin asal Dinoyo kemudian mengembangkan keramik semi porselen dan nama Dinoyo terus dikenal hingga kini sebagai sentra Kerajinan Keramik. Warna lain dari produksi keramik Dinoyo mulai terlihat sejak 1995, dengan hadirnya "Cenderamata Keramik" buatan Syamsul Arifin. Awalnya konsumen memang cenderung membeli barang antik, seperti keramik porselen. Namun saat ini konsumen melihat keramik sebagai kebutuhan dan fungsinya. Dari segi warna juga mulai berkembang. Jika dulu hanya diminan biru, saat ini warna natural lebih digemari.

 

Karakter khas Keramik Cenderamata terletak pada warna dan desain natural. Bentuk dan fungsinya pun bervariasi, seperti Vas Bunga, Tempat Garam dan Merica, Tempat Kartu Nama, Interior Decoration, Aromatherapy Burner, dan Souvenir. Saya bersama istri, Sulastri S. Arifin, terus mengembangkan keramik nuansa tropis dan natural sampai saat ini. Pembeli ritel tersebar di Bali, Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Banyak juga konsumen kami yang datang langsung ke Gallery kami. Selain konsumen berasal dari dalam negeri, 10 % konsumen juga berasal dari luar negeri.

 

Tersedianya bahan baku baik serta didukung oleh ketrampilan saya sebagai Pengrajin Keramik, kini  Cenderamata Keramik berkembang sangat menggembirakan. Letaknya strategis, berada di antara Kota Wisata Batu dan Wisata Belanja Kota Malang. Di Cenderama Keramik anda dan keluarga serta kerabat dapat berkunjung atau bertamasya di akhir pekan. Bukan hanya itu saja, anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan keramik. Dan yang paling menarik anda juga dapat membuat sendiri Keramik sesuai dengan keinginan yang dapat dijadikan buah tangan atau oleh-oleh Khas Kota Malang.

 

 Untuk info lebih lengkap kunjungi : http://cenderamata.jimdo.com/


Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Sangat Bagus: 0%
Bagus: 0%
Biasa Saja: 0%
Kurang Bagus: 0%