Disperindag Jatim Dukung Kegiatan "Koperasi & UMKM Expo 2019"

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama stakeholder mengelar pameran Koperasi & UMKM Expo 2019 pada tanggal 7 hingga 11 Agustus 2019 di Grand City, Surabaya. 

Bersamaan dengan Hari Koperasi Provinsi Jawa Timur ke 72, pada pembukaan Pameran Koperasi dan UMKM Expo 2019 diawali dengan berbagai lomba bertemakan koperasi dan  UKM, sarasehan, pagelaran wayang kulit serta koperasi peduli akan ditutup dengan dibukanya pelaksanaan.

Pameran dengan Icon UMKM Lamongan, akan memamerkan produk unggulan terbesar di Jawa Timur. Dengan melibatkan 38 Kabupaten/Kota dari seluruh Jawa Timur serta 10 provinsi lain yang terlibat, BUMD, dan beberapa UKM Mandiri. 

Pameran Koprasi dan UMKM Expo 2019 bertemakan “Reformasi total Koprasi era revolusi digital 4.0”. Suport yang diberikan oleh Dinas Koperasi Jatim, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan OPD, selama pameran berlangsung.

Bertemakan “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” bertujuan bisa memberikan edukasi dan wadah bagi seluruh Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur untuk selalu siap menghadapi revolusi industri 4.0 yang semakin mengedepankan Digitalisasi.

Jumpa pers yang diselengarakan pada Senin (5/8/2019) di Garden Palace Surabaya dihadiri oleh nara sumber Achmad Basuki selaku Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi & UKM Jawa Timur, Puji Astiono selaku Sekertaris Dinas Koperasi & Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, Hery Wiriantoro selalu Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Radityo Triatmojo selaku Head of Government Relations Shopee Indonesia, Astri Wahyuni selaku Vice President of Public Policy and Government Relations Tokopedia, Angger Alfi Zakki Aji Arifqi selaku SME Area Manager PT. Global Digital Niaga (Blibli.com), Boy Arno Muhamad selalu Head Regional Government Relations, East Java, Bali & Nusa Tenggara (Gojek Indonesia) dan Yusuf Karim Ungsi selaku Direktur Utama PT. Amara Satu Raya.

Selama jumpa pers Achmad Basuki memberikan keterangan, “Harapannya dengan diadakannya acara ini, akan membuka kesempatan Semakin banyak koperasi dan UMKM yang mendapatkan relasi konsumen maupun buyer di lingkup nasional dan internasional sehingga dapat dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor perdagangan,” ucapnya.

Keberadaan Koperasi dan UMKM untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, sehingga pameran ini merupakan wadah untuk memperkenalkan dan membuktikan eksistensi Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur.

Hery Wiriantoro selaku Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, juga memberikan keterangan selama pameran yamg berlangsung nantinya juga lebih difokuskan terhadap klaster kopi.

Talkshow inspiratif tentang perkembangan bisnis kopi khususnya Jawa Timur dengan mengundang beberapa pembicara dari berbagai bidang, mulai dari pemerintahan, lembaga penelitian seperti Puslitkoka dan Coffeepreneur.

“Festival Kopi pada tahun ini lebih fokus kepada proses pengolahan kopi (roastery dan inovasi produk). Festival kopi kali ini diharapkan mampu menghadirkan IKM kopi terbaik Jawa Timur serta menyajikan berbagai hasil kreatifitas dalam membuat olahan kopi,” jelasnya.

Harapannya adanya sinergi dengan e commerce dan digital platform ini, dapat memberikan dampak positif secara langsung terhadap perkembangan UMKM di era revolusi industri 4.0. Berbagai program menarik juga disiapkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai deklarasi “Bela dan Beli Produk UMKM” yaitu, pencanangan Hari Belanja Online Produk UMKM Nasional yang akan diresmikan oleh Ibu Gubernur Jawa Timur, dilanjutkan dengan Kelas Pelatihan UMKM berbasis digital dan berbagai talkshow inspiratif mengenai perkembangan digital masa kini.

Selama pemeran selaku panitia penyelenggara PT. Amara Satu Raya, optimis peningkatan 283 peserta, 181 stand Indoor dan 95 outdoor serta 6 drop off untuk tahun 2019.

Juga ditarget 35.000 pengunjung yang hadir selama pameran berlangsung dengan omset dihasilkan antara 5,5 Milyar hingga 6 milyar.

“Pameran Koperasi & UMKM Expo 2019 kali ini tentunya berbeda dari pameran sebelumnya. Tahun ini tema pameran lebih menekankan pada “Revolusi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. Harapannnya di sini, pameran Koperasi dan UMKM Expo 2019 menjadi wadah bagi seluruh umkm Jawa Timur agar dapat mengembangkan usahanya untuk lebih melek digital dan mampu menghadapi revolusi industri 4.0.” jelas Yusuf Karim Ungsi, selaku Direktur Utama PT. Amara Satu Raya.

Sumber: kabarjatim.com


Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Sangat Bagus: 0%
Bagus: 0%
Biasa Saja: 0%
Kurang Bagus: 0%