MARI KITA GUNAKAN PRODUK-PRODUK DALAM NEGERI ## GUNAKAN DAN TINGKATKAN STANDARDISASI PRODUK DALAM NEGERI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING ## TINGKATKAN DAYA SAING PRODUK DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) ## MANFAATKAN KEBERADAAN KANTOR PERWAKILAN DAGANG KAMI DI 26 PROVINSI DI INDONESIA ## KEMBANGKAN POTENSI PRODUK-PRODUK LOKAL UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR BEBAS ## Nilai Ekspor Jawa Timur bulan Februari 2014 mencapai US$ 1.675,21 Juta atau naik 2,24 persen  ## 
UPT P3ES
Diposting tanggal: 17 Januari 2013

UPT P3ES

 

  (UPT  PENDIDIKAN PELATIHAN DAN PROMOSI EKSPOR)

Jalan Kedungdoro 86 - 90 / (031) 5343807 -5345650 Surabaya

 

 

Adanya Pusat Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah Jawa Timur di Surabaya dengan berbagai fasilitas yang mendukung, kiranya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh dunia usaha khususnya dari kalangan UKM di wilayah Jawa Timur. UKM dapat berkiprah di pasar internasional, melalui pengembangan pengetahuan SDM dan promosi.

P3ED didirikan oleh Pemerintah Indonesia melalui Badan Pengembangan Ekspor Nasional Departemen Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur serta bantuan dari Pemerintah Jepang melalui JICA (Japan International Cooperation Agency) melalui Project Capacity Building of the Regional Export Training and Promotion Center.

Sasaran Utama
Mempromosikan potensi UKM yang telah memasuki pasar ekspor yang baik langsung maupun tidak langsung (direct / indirect).
Mempromosikan eksportir pemula yang sedang berkembang dan berkeinginan untuk menerobos pasar ekspor.


Kegiatan P3ED Jawa Timur

1. Pelatihan dan Seminar

Program pelatihan dengan durasi 1 s/d 10 hari menyajikan pengetahuan praktis dan ketrampilan yang diharapkan dapat membantu para pelaku dunia usaha untuk memperoleh gagasan baru ataupun masukan, sehingga dapat membuat perubahan-perubahan positif yang dapat menguntungkan perusahaan. Program ini berkaitan dengan Persaingan Internasional, seperti :

  • Bagaimana Memulai Ekspor
  • Prosedur Ekspor
  • Export Costing and Pricing
  • Kontak Dagang melalui Internet
  • Pembayaran Ekspor dengan L/C dan non L/C
  • Strategi Pemasaran Ekspor
  • Negoisasi dan Kontrak Dagang
  • Manajemen Ekspor Impor
  • Pelatihan Perdagangan Internasional



2. Pameran Melalui Showroom / Mini Display

Menampilkan komoditas atau produk potensial untuk pasar ekspor, dengan harapan dapat dilanjutkan melalui kontak dagang yang lebih pro-aktif dengan mendatangkan buyer potensial dari manca negara. Bagi para peserta juga akan mendapat kesempatan masuk dalam Virtual Exhibition yang memudahkan akses informasi secara internasional untuk mempromosikan produknya.


3. Konsultasi Bisnis

Konsultasi bisnis dibidang rencana pengembangan produksi dan promosi ekspor, perluasan pasar bagi UKM yang diberikan oleh para ahli dibidangnya.



4. Fasilitas Yang Tersedia
  • Gedung Kantor Modern berlantai dua di tengah kota yang strategis
  • Ruang Auditorium lengkap berkapasitas +/- 100 peserta
  • Layanan Informasi dan Publikasi melalui Mini Resource Center
  • Show Room Permanen Display
  • Ruang Konsultasi Bisnis dan memfasilitasi kontak dagang
  • Ruang Kelas Pelatihan lengkap dengan AC dan Audio Visual dengan kapasitas 15 dan 30 orang
  • Jaringan komputer mutakhir terpadu dengan ruang kelas komputer khusus lengkap dengan 20 PC yang dapat langsung mengakses internet
  • Tenaga Pengajar yang handal dengan topik-topik bahasan berkualitas



5. Konsultasi Bisnis

Dalam rangka pengembangan program dan aktivitas dibidang pelatihan dan layanan informasi dan promosi ekspor, Pusat Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah Jawa Timur telah bekerjasama dengan institusi terkait baik dari dalam negeri maupun luar negeri, antara lain Badan Pengembangan Ekspor Nasional, Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prop. Jatim, Dinas Perindag, Kabupaten / Kota, Universitas Brawijaya, Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI), Japan International Cooperation Agency (JICA), Indonesia-Australia Specialized Training Project (IASTP), dan Nihon-Indonesia Cultural Exchange (NICE).